Wali Kota Batu Minta Warga Bersama-sama Wujudkan Zero Stunting

- Sabtu, 26 November 2022 | 21:09 WIB
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, saat peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di Kota Batu, Jumat 25 November 2022/Pemkot Batu.
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, saat peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di Kota Batu, Jumat 25 November 2022/Pemkot Batu.

HALLO MALANG - Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, meminta kepada seluruh masyarakat Kota Batu, Jawa Timur, untuk ikut bergotong-royong dalam mensukseskan program prioritas nasional di bidang kesehatan. Terutama untuk mewujudkan zero stunting.

“Kita harus bersama-sama mengurangi angka kematian ibu dan bayi di Indonesia yang masih tinggi, dan mewujudkan zero stunting di Kota Batu,” katanya saat peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di Kota Batu, Jumat 25 November 2022.

Kota Batu baru saja meraih tiga penghargaan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur dalam bidang kesehatan. Pertama, penghargaan untuk kota yang telah mencapai Universal Health Coverage (UHC).

Kedua, penghargaan atas pencapaian imunisasi tambahan MR (BIAN) minimal 95 persen. Dan ketiga, penghargaan sebagai kota yang telah lolos verifikasi penilaian kabupaten/kota sehat.

"Penghargaan adalah bonus, yang paling penting adalah bagaimana kita bisa memfasilitasi dan memberikan pelayanan kepada masyarakat," imbuhnya.

Sementara itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batu menggelar Health Expo 3 untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58. Pameran ini diselenggarakan pada 25-26 November 2022 di Halaman Balaikota Among Tani, Kota Batu.

Kepala Dinkes Kota Batu, drg Kartika Trisulandari, mengatakan, peringatan HKN tahun ini mengambil tema 'Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku' yang menggambarkan semangat kembali sehat dan tumbuh untuk beraktivitas dan produktif. Peringatan ini menjadi momentum untuk evaluasi sekaligus mensyukuri dedikasi seluruh tenaga kesehatan (nakes).

“Peringatan ini menjadi momentum untuk intopreksi terhadap tugas dan tanggung jawab dalam memberikan layanan kesehatan, serta sebagai wujud rasa syukur karena menjadi bagian pemberi layanan kesehatan,” kata Kartika.

Gelaran Health Expo 3 ini dibuka secara langsung oleh Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko. Pameran ini diramaikan dengan puluhan stan dari berbagai organisasi profesi dibidang kesehatan serta layanan pemeriksaan kesehatan gratis.

Untuk memeriahkan acara, ada banyak games dan hadiah menarik seputar kesehatan yang bisa dimainkan oleh pengunjung. Dalam kesempatan ini, Kartika juga menyerahkan tiga penghargaan dari Pemprov Jawa Timur dalam bidang kesehatan kepada Wali Kota Batu.

Halaman:

Editor: Daviq Umar Al Faruq

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polisi Selidiki Kasus Guru Ngaji Cabul di Malang

Jumat, 27 Januari 2023 | 22:16 WIB

Malpro, Aplikasi untuk Jual Beli UMKM di Kota Malang

Kamis, 26 Januari 2023 | 12:18 WIB

Perayaan Imlek di Kabupaten Malang Berjalan Aman

Senin, 23 Januari 2023 | 14:54 WIB

1.434 Pasangan di Malang Ajukan Pernikahan Dini

Sabtu, 21 Januari 2023 | 11:49 WIB

8 Area Prioritas Pembangunan Kota Malang 2024

Kamis, 19 Januari 2023 | 12:43 WIB
X