Dinas Lingkungan Hidup Pantau Kualitas Udara Perkotaan di Malang

- Jumat, 25 November 2022 | 17:16 WIB
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang melakukan uji emisi untuk kendaraan roda empat di beberapa titik di Kota Malang, Jawa Timur/Pemkot Malang.
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang melakukan uji emisi untuk kendaraan roda empat di beberapa titik di Kota Malang, Jawa Timur/Pemkot Malang.

HALLO MALANG - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang melakukan uji emisi untuk kendaraan roda empat di beberapa titik di Kota Malang, Jawa Timur. Upaya ini dilakukan untuk mewujudkan Kota Malang bebas polusi.

Kepala DLH Kota Malang, Noer Rahman Wijaya mengungkapkan, uji emisi ini dilakukan sebagai rangkaian evaluasi kualitas udara di perkotaan (EKUP). Kegiatan dilangsukan selama tiga hari di tiga titik, yakni Jalan Ijen atau Simpang Balapan, Jalan Trunojoyo, dan Jalan Mayjen Sungkono.

“EKUP ini adalah salah satu bentuk pencanangan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang bertitel langit biru,” kata Rahman, Kamis 24 November 2022.

Kegiatan ini merupakan salah satu indeks untuk mengevaluasi kualitas udara di daerah perkotaan untuk mengetahui kualitas sesungguhnya. Untuk mengetahui kualitas udara dan indeks emisi kendaraan baik yang berbahan bakar premium mapun solar.

Dalam menjalankan kegiatan ini, DLH melakukan kerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), serta Polresta Malang Kota. Ke depannya untuk hasil uji emisi ini akan segera diberitahukan untuk evaluasi lebih lanjut.

“Pada kegiatan ini, DLH juga bersinergi dengan salah satu kampus negeri di Kota Malang, dealer resmi, Satpol PP, kepolisian agar pelaksanaan ujian bisa semakin maksimal,” tegas Rahman.

Target uji emisi kendaraan ini diharapkan bisa menyasar sebanyak 800 kendaraan. Sehingga untuk tiga hari diharapkan bisa mencapai sekitar 2.000 kendaraan lebih. Hasil uji emisi juga disampaikan langsung kepada yang bersangkutan untuk yang lolos akan diberikan stiker dan yang tidak lolos diarahkan ke bengkel.

“Untuk hasil kita berikan dalam bentuk print out. Yang tidak lolos hanya diberikan print out dan tidak diberi stiker. Hasil pengujian emisi kendaraan ini secara real time kami berikan ke Kementerian LHK,” ujar Rahman.

Uji emisi merupakan salah satu upaya pengujian supaya masyarakat bisa mengetahui kinerja mesin dan juga tingkat efisiensi pembakaran mesin kendaraan bermotor. Uji emisi memberikan dampak positif di beberapa aspek, salah satunya lingkungan. Melalui proses ini akan diketahui kadar buangan dari pembakaran mesin yang akan berpengaruh kepada lingkungan.

Editor: Daviq Umar Al Faruq

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polisi Selidiki Kasus Guru Ngaji Cabul di Malang

Jumat, 27 Januari 2023 | 22:16 WIB

Malpro, Aplikasi untuk Jual Beli UMKM di Kota Malang

Kamis, 26 Januari 2023 | 12:18 WIB

Perayaan Imlek di Kabupaten Malang Berjalan Aman

Senin, 23 Januari 2023 | 14:54 WIB

1.434 Pasangan di Malang Ajukan Pernikahan Dini

Sabtu, 21 Januari 2023 | 11:49 WIB

8 Area Prioritas Pembangunan Kota Malang 2024

Kamis, 19 Januari 2023 | 12:43 WIB
X