Jelang Libur Akhir Tahun, Reservasi Hotel di Kota Batu Tak Kunjung Meningkat

- Rabu, 16 November 2022 | 20:31 WIB
Taman Bunga Selecta (www.instagram.com/@ika_pulung)
Taman Bunga Selecta (www.instagram.com/@ika_pulung)

HALLO MALANG - Tingkat reservasi atau pemesanan kamar hotel di Kota Batu, Jawa Timur, tak kunjung mengalami peningkatan jelang libur akhir tahun.

Berdasarkan catatan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu, tingkat reservasi kamar pada periode Desember 2022 masih di bawah 30 persen.

"Untuk Desember, itu pesanan kamar masih belum sampai 30 persen. Masih di bawah itu," kata Ketua PHRI Kota Batu, Sujud Hariadi, saat dihubungi, Senin 14 November 2022.

Sujud menerangkan, kondisi ini berbeda jika dibandingkan pada periode yang sama saat sebelum terjadinya pandemi covid-19. Pada periode itu, tingkat reservasi kamar hotel di Kota Batu sudah mengalami peningkatan di jauh-jauh hari sebelumnya.

"Sebelum pandemi, biasanya sudah ramai. Pesanan kamar hotel itu sudah 40-50 persen untuk Desember," imbuhnya.

Sujud mengaku, kondisi ini diperkirakan terjadi lantaran adanya informasi terkait ancaman resesi dunia pada 2023 mendatang. Informasi itu sedikit banyak berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan ke Kota Batu saat libur akhir tahun.

"Informasi terkait resesi, berpengaruh terhadap tingkat okupansi hotel jelang akhir tahun ini. Krisis dunia itu sepertinya berpengaruh," ujarnya.

Di sisi lain, rata-rata tingkat okupansi kamar hotel di Kota Batu pada hari-hari biasa berkisar antara 20-30 persen. Sementara pada akhir pekan, tingkat okupansi sudah membaik atau tercatat di atas 60 persen.

"Ini sebenarnya sudah sangat bagus, namun memang belum pulih maksimal. Untuk akhir tahun, kami masih akan melihat pada awal hingga pertengahan Desember," terangnya.

Sebagai informasi, Kota Batu merupakan sebuah daerah berhawa sejuk di Jawa Timur yang dikenal sebagai gudangnya objek wisata. Kota Batu menawarkan beragam tempat wisata menarik, mulai dari potensi alamnya yang indah hingga berbagai tempat wisata buatan yang meriah.

Halaman:

Editor: Daviq Umar Al Faruq

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polisi Selidiki Kasus Guru Ngaji Cabul di Malang

Jumat, 27 Januari 2023 | 22:16 WIB

Malpro, Aplikasi untuk Jual Beli UMKM di Kota Malang

Kamis, 26 Januari 2023 | 12:18 WIB

Perayaan Imlek di Kabupaten Malang Berjalan Aman

Senin, 23 Januari 2023 | 14:54 WIB

1.434 Pasangan di Malang Ajukan Pernikahan Dini

Sabtu, 21 Januari 2023 | 11:49 WIB

8 Area Prioritas Pembangunan Kota Malang 2024

Kamis, 19 Januari 2023 | 12:43 WIB
X