Jenis Racikan Kopi Berbasis Espresso yang Populer di Indonesia

- Kamis, 20 Oktober 2022 | 17:27 WIB
Kopi Espresso. ( pixabay @Kopi, pixabay @Engine_Akyurt)
Kopi Espresso. ( pixabay @Kopi, pixabay @Engine_Akyurt)

HALLO MALANG - Bagi pencinta kopi, pasti sudah tidak asing lagi dengan espresso. Salah satu basis dari berbagai sajian kopi populer di Tanah Air seperti cappucino, americano, affogato, dan lain sebagainya. Cita rasanya yang pahit dan khas membuat banyak orang menjadikan espresso dan olahannya jadi favorit.

Menariknya, jika Anda penggemar espresso sekarang sudah bisa buat sendiri di rumah. Salah satu alat rekomendasi untuk menyeduh espresso adalah Nespresso. Pilihan tipe mesin dari Nespresso ini beragam, tinggal beli sesuai dengan keperluan. Kebanyakan, mesinnya sudah bisa menyeduh kopi bentuk kapsul.

Jika memiliki mesin pembuat kopi di rumah, tentunya akan semakin mudah. Bisa minum kopi kapan saja, prosesnya praktis, tidak memerlukan banyak tenaga, dan bisa lebih hemat. Bagi pecinta minuman berbasis espresso, berikut ini jenis-jenisnya yang populer di Tanah Air. Bisa jadi referensi jenis espresso yang dibuat selanjutnya.

1. Espresso

Pertama tentu saja jenisnya adalah espresso itu sendiri. Pada dasarnya, espresso ini merupakan kopi pekat dari hasil proses penyeduhan dengan tekanan dan suhu tinggi. Per sajiannya biasanya memiliki ukuran 30 ml, biasa disebut 1 shot.

Pada umumnya, espresso yang enak akan memiliki krema atau merupakan buih berwarna kuning tua yang muncul di permukaan. Espresso akan muncul krema jika diolah dengan cara manual brew cupping. Rasa dari espresso sendiri adalah cenderung pahit dengan tekstur yang pekat.

2. Cappuccino

Jenis kopi satu ini sangat populer, bahkan bagi para pemula yang baru mencoba menikmati seduhan kopi. Pasalnya, citarasa yang diberikan cenderung manis. Bahkan di beberapa cafe ternama, ditambahkan takaran susunya sehingga membuatnya semakin legit lagi.

Cappucino sendiri merupakan racikan dari espresso dan juga steamed milk dengan perbandingan 1:1. Jika ingin rasa yang otentik, pilih kedai yang menyajikannya di ukuran 88-177ml. Namun memang kebanyakan di luar sana, cappucino disajikan dalam porsi yang besar dan ditambah dengan es.

3. Caffe Latte

Caffe latte juga tidak kalah populer dari cappucino. Tidak hanya di Indonesia saja, bahkan masyarakat dunia jua menggemarinya. Minuman ini diracik menggunakan espresso dan susu dengan perbandingan 1:2. Jadi rasanya juga cenderung manis.

Biasanya, cafe latte ini disajikan dengan layer foam yang dikreasikan menjadi berbagai bentuk. Jenis kopi ini juga terkenal berkat latte art yang dikreasikan oleh para barista. Jadi penampilannya akan sangat cantik dengan rasanya juga legit.

4. Americano

Pencinta seduhan kopi dengan citarasa pahit, selain espresso murni, Anda juga bisa memesan americano. Rasa pahitnya tidak sekental espresso asli. Karena ini merupakan olahan espresso yang dicampur dengan air hangat. Salah satu menu yang banyak dipilih untuk membuat mata jadi melek.

Bagi yang tidak terlalu suka jajan di kedai kopi, bisa membuatnya sendiri. Cara pembuatannya sangat mudah, Anda bisa menggunakan perbandingan 1:4 untuk espresso dan air hangat. Jika dirasa kurang pekat, bisa ditambahkan sampai 2 shot espresso. Bisa diminum hangat atau dingin.

5. Affogato

Pahitnya espresso dipadu dengan manisnya es krim atau gelato akan membuat rasanya meleleh nikmat di dalam mulut. Dari negara asalnya, jenis minuman ini biasanya dijadikan sebagai hidangan penutup atau pencuci mulut.

Ada banyak cara untuk menikmati affogato. Beberapa orang memilih memakan es krim terlebih dahulu baru menuangkan espresso sebelum mencair. Namun sebagian lainnya malah sebaliknya, espresso dulu baru gelato. Tergantung selera masing-masing.

6. Macchiato

Pilihan lainnya yang juga tidak kalah populer dari sebelum-sebelumnya adalah Macchiato. Jika mengusung menu klasik Italia, biasanya macchiato dibuat dari perbandingan 1-2 shot espresso dan 1-2 sendok steamed milk. Jadi nantinya akan ada busa di tengahnya.

Rasanya lebih kuat jika dibandingkan dengan cappucino namun tidak lebih kuat dari espresso. Jadi akan memberikan sensasi pahit namun sedikit manis di ujung. Semakin ke sini tambah banyak variannya, mulai dari latte macchiato sampai caramel macchiato.

7. Flat White

Sekilas, memang flat white ini akan mirip tampilannya dengan latte atau cappucino. Namun jika dirasakan akan berbeda. Pasalnya, minuman ini dibuat dengan cara memanaskan susu sampai muncul microfoam dengan ukuran biasanya 60 ml lalu dicampur dengan 2 shot espresso dan diaduk.

Jika dibandingkan dengan cappuccino, buih di atasnya akan lebih flat atau tidak terlalu tebal. Sementara untuk rasanya, flat white ini cenderung lebih pahit. Nah, jika Anda gemar minum kopi dengan buih yang halus, flat white bisa dipesan.

8. Doppio

Nama doppio memang terdengar asing, namun bagaimana jika dua shot espresso atau double espresso? Bagi Anda yang gemar minum kopi yang pahitnya menggigit, bisa pesan doppio. Biasanya, per sajiannya memiliki ukuran 60 ml kopi pekat. Cocok sekali bagi Anda yang butuh penyemangat saat mata dipenuhi rasa kantuk.

Jika tidak ingin memesan di kafe, Anda bisa membuat berbagai kopi based espresso di atas di rumah. Alat pembuat mesin kopi yang akan memudahkan proses pembuatannya adalah Nespresso yang banyak sekali variannya. Bisa beli ukuran kecil atau besar. Segera cek koleksi mesin kopi dari Nespresso di Blibli.

Blibli merupakan salah satu ecommerce populer di Tanah Air yang menawarkan berbagai barang keperluan. Mulai dari mesin kopi, produk kopinya, gelasnya, dan lain sebagainya. Supaya bisa dapatkan harga yang murah, jangan berpikir dua kali untuk menggunakan berbagai program promo dari Blibli.

Halaman:

Editor: Agil Hari Santoso

Tags

Terkini

Resep Bumbu Rujak Manis, Legit dan Lezat Kaya Manfaat

Selasa, 11 Januari 2022 | 12:47 WIB

Tips Hemat Ala Anak Kos, Dimulai dari Makanan

Senin, 10 Januari 2022 | 20:41 WIB

Resep Gado-Gado Saus Kacang Gurih Khas Betawi

Jumat, 7 Januari 2022 | 12:29 WIB

Resep Mie Setan Khas Malang, Pedas Nampol

Kamis, 6 Januari 2022 | 10:16 WIB

Sebelum Memulai Diet Sehat, Pahami Hal Berikut Ini

Rabu, 5 Januari 2022 | 16:18 WIB

Resep Tahu Campur Khas Lamongan, Gurih Menggoda

Selasa, 21 Desember 2021 | 21:19 WIB
X