Fakta Menarik 4 Makanan Korea yang Lagi Ngehits di Indonesia

- Minggu, 7 November 2021 | 12:33 WIB
Makanan Korea (Unsplash.com/@markuswinkler)
Makanan Korea (Unsplash.com/@markuswinkler)

HALLO MALANG - Meningkatnya popularitas konten hiburan Korea Selatan di Indonesia juga berdampak terhadap kulinernya yang menjadi hits di kalangan penggemar K-Pop maupun K-drama. 

Di samping populer berkat K-Pop dan K-drama, tidak dipungkiri jika makanan Korea ini juga cocok dengan sebagian besar lidah masyarakat Indonesia dari segi rasanya. Oleh karena itu, tak heran jika makanan Korea banyak digemari. 

Apa saja, sih, makanan Korea yang populer di Indonesia? Nah, berikut ini beberapa makanan Korea yang ngehits di Indonesia beserta fakta menariknya. 

Baca Juga: Lirik Lagu 'New Tooth' dari Rich Brian dan Terjemahnya Bahasa Indonesia

1. Bibimbap

Bibimbap - Makanan Khas Korea (Unsplash.com/@vshnv_c)


Bibimbap merupakan hidangan berupa nasi campur khas Korea. Fakta menariknya, menu bibimbap ini pada awalnya hadir karena kebiasaan petani Korea yang kerap meninggalkan makan siang dan makan malam karena terlalu giat bekerja. 

Saat itu, petani-petani tersebut menggabungkan segala bekal yang dibawa dan menyantapnya bersama-sama. Dari situlah, asal usul topping di atas nasi putih khas Korea yang disajikan di mangkuk batu panas.

Menariknya, topping bibimbap juga harus terdiri dari 5 warna dasar yang membuat bibimbap cantik dipandang. 

Baca Juga: SBY Idap Kanker Prostat, Yuk Kenali Penyakit dan Gejalanya

2. Kimchi

Kimchi (Unsplash.com/@portuguesegravity)


Sobat K-drama lovers tentu sudah tak asing dengan makanan satu ini. Kimchi merupakan makanan pendamping yang identik dengan warnanya yang merah dengan rasa sedikit asam pedas. 

Tahukah kamu, jika kimchi rupanya memiliki ratusan variasi dengan sayuran lain hingga buah-buahan? Selain itu, ratusan variasi kimchi tersebut juga memiliki bahan dasar berbeda, hingga warna serta bumbu dan cara penyajiannya juga berbeda satu sama lain. 

Sebagai negara dengan empat musim, Korea memiliki beberapa jenis kimchi yang cenderung lebih sering dikonsumsi pada musim tertentu. Contohnya, pada musim semi, orang Korea lebih sering mengonsumsi kimchi daun bawang, sementara pada musim panas mereka lebih senang menyantap kimchi lobak muda. 

Baca Juga: 16 Kata-kata Bijak dari Para Pahlawan yang Cocok untuk Caption Media Sosial

3. Tteokbokki

Tteokbokki (Pixabay.com/users/709k-5266817/)


Jajanan street food ini tak hanya populer di Korea, namun juga di seluruh dunia. Tteokbokki sendiri merupakan makanan yang dibuat dari tteok (kue beras) dan fish cake (odeng) yang dimasak dengan siraman saus gochujang khas Korea. 

Makanan bertekstur kenyal ini bahkan sudah muncul sejak masa dinasti Korea abad ke-19. Saat itu, tteokbokki lahir tanpa disengaja, di mana kue beras tak sengaja tumpah ke dalam saus pedas pada saat seseorang membuka restoran.

Tak disangka, rasanya sangat enak dan kini bertahan menjadi jajanan favorit orang Korea dan seluruh dunia hingga sekarang.

Baca Juga: Sederet FTV yang Pernah Dibintangi Vanessa Angel

4. Jjajangmyeon

Jajangmyeon (Unsplash.com/@ruthgeorgiev)


Jjajangmyeon merupakan sajian mie khas Korea dengan siraman saus kedelai hitam pekat. Tak banyak diketahui, ternyata jjajangmyeon berasal dari negara China, lho!

Namun, di China, jjajangmyeon lebih dikenal dengan nama Zhajiangmian dan rasanya tidak sepekat jjajangmyeon versi Korea. Ada fakta menarik lagi tentang jjajangmyeon, di mana di Korea ada perayaan Black Day setiap tanggal 14 April yang merupakan 'hari jomblo'. Mereka mengonsumsi jjajangmyeon saat perayaan Black Day tersebut. 

Halaman:

Editor: Athalia Dewi

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resep Bumbu Rujak Manis, Legit dan Lezat Kaya Manfaat

Selasa, 11 Januari 2022 | 12:47 WIB

Tips Hemat Ala Anak Kos, Dimulai dari Makanan

Senin, 10 Januari 2022 | 20:41 WIB

Resep Gado-Gado Saus Kacang Gurih Khas Betawi

Jumat, 7 Januari 2022 | 12:29 WIB

Resep Mie Setan Khas Malang, Pedas Nampol

Kamis, 6 Januari 2022 | 10:16 WIB

Sebelum Memulai Diet Sehat, Pahami Hal Berikut Ini

Rabu, 5 Januari 2022 | 16:18 WIB

Resep Tahu Campur Khas Lamongan, Gurih Menggoda

Selasa, 21 Desember 2021 | 21:19 WIB
X